Tidur anda kurang berkualitas? Mungkin sprei anda tidak cukup nyaman

Kualitas sprei sangat mempengaruhi kualitas tidur anda. Karena itu, lapisi kasur anda dengan sprei yang baik, nyaman, dan sehat.

Tidur yang berkualitas tidak hanya bergantung dengan kenyamanan kasur/ matras yang kita gunakan. Kasur/ Matras yang kita gunakan pun perlu dilapisi dengan sprei yang lembut. Dilain itu keindahan dan lingkungan tidur pun perlu dijaga agar tidur anda lebih lelap dan nyaman. Bayangkan saat anda bisa merasakan kelembutan di sekujur tubuh anda, dan warna indah sprei membuat anda bisa lebih menikmati suasana tempat tidur anda. Untuk bisa merasakan itu semua anda perlu mengenali jenis sprei dan bahan kain yang anda gunakan.

Sprei umumnya terbuat dari bahan katun, karena selain lembut, bahan katun tahan lebih lama. Selain itu, satin juga seringkali digunakan untuk bahan sprei karena kelembutannya. Satin sering disebut-sebut sebagai “Ratu” dari seluruh jenis kain yang ada, dan bahan katun sering disebut-sebut sebagai “Raja”. Alasannya adalah karena rasa nyaman yang diberikan kedua bahan itu memberikan rasa eklusif bagaikan anggota keluarga kerajaan. Namun satin adalah bahan yang mahalsehingga tidak cocok untuk semua kalangan. Disisi lain katun lebih murah, bahannya pun lembut dan nyaman. Selain itu perawatannya lebih mudah dan tahan lama walau sering dicuci.

Ada juga sprei berbahan viskosa (Cotton Viscose) yang muncul baru-baru ini. Bahan Viskosa lebih dikenal dengan sebutan bahan rayon. Bahan Viskosa ini terbuat dari serat alami yang secara kimia diproduksi dari selulosa, bahan ini mirip seperti sutra tetapi perawatannya sama dengan bahan katun.

Antara bahan Sintetis dan Alami memiliki perbedaan yang cukup signifikan dari segi kelembutan, kenyamanan maupun kesehatan. Bahan sintetis terasa tidak lembut bila disentuh dan tentu saja, sprei dengan bahan kain ini sangat tidak nyaman. Anda bisa menggunakan bahan lain seperti bahan rami, katun, bahan flannel, bahan terakota ( mirip dengan bahan pembuatan handuk, tetapi lebih ringan), dan satin.

Perawatan

Untuk perawatan sprei, sangat dianjurkan untuk melihat petunjuk pencucian. Sprei harus dicuci, dikeringkan, dan di setrika. Untuk bahan yang berwarna dan bahan seperti sutra misalnya , sebaiknya anda mencuci dengan temperatur yang rendah, sedangkan katun yang berwarna putih temperatur pencucian bisa mencapai 90 derajat Celcius. Sebaiknya, sprei selalu disetrika setelah dicuci , karena bahannya akan menjadi lebih lembut dan fleksibel. Jika memungkinkan, cobalah untuk menjemur sprei, bantal, dan selimut dibawah panas matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *