Ketahui Bahan Sprei Anda Untuk Kualitas Tidur yang Maksimal

Kualitas tidur yang baik dipengaruhi oleh banyak faktor. Banyak hal dilakukan untuk mendapat kualitas tidur yang maksimal. Namun, salah satu hal penting dalam mendapat tidur yang optimal namun sering diabaikan adalah pemilihan sprei pada Kasur.

Sebuah hal yang sudah diketahui semua orang, Kasur yang kasar pasti akan membuat tidur anda kurang nyaman. Selain itu, bahan sprei yang tidak bisa menyerap keringat akan membuat sprei anda terasa panas dan bisa membuat kulit anda iritasi. Perhatikan sprei yang anda gunakan, pilih sprei yang lembut dan nyaman. Serta pastikan sprei anda terbuat dari bahan alami dan tidak mengandung zat kimia keras agar kesehatan anda dan keluarga tidak terganggu.

Ada banyak sekali sprei yang di jual di pasaran, berbagai bahan yang digunakanpun beraneka ragam. Karena itu, anda perlu tahu mengenai bahan-bahan sprei yang bisa memberikan kenyaman maksimal saat anda tidur. Ada lima jenis bahan kain yang digunakan untuk perlengkapan tidur (Sprei, sarung bantal dan sarung guling). Jenis-jenis bahan tersebut adalah:

Polyester

Bahan kain ini kuat dan tidak mudah kusut, karena terbuat dari semacam plastik. Cukup tahan lama dan tidak mudah rusak. Karena itu bahan ini umum digunakan untuk sprei. Namun, daya serap dari bahan ini terbilang rendah dan kaku sehingga kurang bagus untuk menyerap keringat. Dari sifat-sifat bahannya, Polyester kurang disarankan untuk daerah dengan iklim tropis.

Rayon

Bahan Rayon terbuat dari serat kayu yang memilikui daya serap tinggi. Sprei dari bahan ini juga lembut dan nyaman di kulit. Hanya saja, daya tahannya rendah dan mudah rusak. Bahan rayon tidak bisa sering dicuci karena sifat bahannya yang tidak begitu kuat.

Lyocell

Bahan ini sering dikenal dengan sebutan Tencel dan hanya diproduksi di Austria. Bahan ini sangat menyerap keringat dan kelembaban. Teksturnya lebih lembut dari sutera dan terasa lebih sejuk dari linen. Sprei dengan bahan ini memberikan kenyamanan yang tinggi, namun jumlahnya terbatas dan harganya cukup mahal. Selain itu sprei dengan bahan ini kurang awet jika teralu sering dicuci.

Katun

Bahan ini adalah favorit untuk bahan sprei. Selain nyaman, daya serapnya bagus, teksturnya lembut dan terasa sejuk di kulit. Selain itu, harganya relatif murah sehingga bahan ini sering jadi pilihan untuk jadi bahan sprei. Sprei yang menggunakan bahan 100 persen katun, semakin dicuci, kualitasnya akan semakin baik dan semakin terasa lembut di kulit.

Campuran Katun-Polyester

Katun adalah bahan yang paling nyaman untuk dijadikan sprei. Bahan katun memberikan kemewahan, kenyamanan, serta harga yang murah dan daya tahan yang cukup kuat. Namun, bahan katun sangat mudah kusut sehingga terkadang mengurangi estetika saat bangun tidur. Hal ini diakali oleh para produsen sprei dengan mencampurkannya dengan bahan polyester. Sehingga memberikan kenyamanan dari bahan katun dan memberikan daya tahan bahan polyester.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *