Cara Mudah Merawat Sprei Kesayangan Anda

Merawat Sprei

Cara merawat Sprei

Sprei yang nyaman harus kita rawat agar sprei itu selalu nyaman saat digunakan. Kebanyakan orang beranggapan bahwa sprei cukup dicuci seperti kain-kain pada umumnya, asalkan semua kotoran dan debu-debu tidak melekat dan sprei terlihat bersih. Padahal, sprei-sprei berkualitas dengan bahan khusus tidak boleh dirawat secara sembarangan, karna bisa merusak tekstur dan mengurangi kenyamanan dari sprei tersebut.

Namun, untuk mencuci sprei kesayangan anda dan menjaga kualitasnya bukanlah hal yang rumit dan mahal. Karena itu anda tidak perlu khawatir dan bingung untuk merawatnya.  Cukup lakukan hal-hal berikut:

  • Untuk mencuci sprei anda, gunakan deterjen dengan formula lembut supaya tekstur kain sprei tetap lembut. Deterjen yang keras memang ampuh untuk menghilanglkan noda, namun, ini bisa membuat tekstur kain menjadi kasar, mengkerut, dan warnanya pudar. Tentu anda tidak mau hal ini terjadi dengan sprei anda bukan?
  • Sebaiknya, deterjen tidak langsung dituangkan ke sprei anda. Jika anda mencucinya secara manual, campurkan dahulu deterjen dengan air dingin, baru kemudian mencelupkan sprei anda kedalamnya. Bila anda menggunakan mesin cuci, biarkan sprei terendam air dahulu, kemudian mulai lakukan pemutaran dan masukkan deterjen anda sedikit demi sedikit.
  • Selalu gunakan air dingin saat mencuci. Karena air dingin akan membantu menjaga tekstur dari dari kain sprei tersebut. Untuk menghilangkan noda sekalipun tidak perlu menggunakan air hangat apalagi panas. Campuran air dingin dan deterjen sudah sangat cukup untuk menghilangkan noda pada sprei anda.
  • Lakukan pencucian secara maksimal sampai sprei anda benar-benar bersih. Baru kemudian bilaslah sampai deterjen dan sisa-sisa sabun hilang dari sprei anda. Sisa-sisa sabun dan deterjen yang menempel bisa menyebabkan bau pada sprei anda.
  • Lakukan pengeringan sprei anda dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. Sampai saat ini, menjemur dibawah sinar matahari adalah cara yang paling baik untuk mengeringkan cucian. Selain cepat kering, sinar matahari juga baik untuk membunuh kuman-kuman yang tersisa, serta mencegah sprei anda dari bau apek.
  • Setelah sprei kering, kibas-kibaslah sprei anda agar debu-debu rontok seketika. Kemudian lipat dan simpan dengan baik sampai nanti anda akan menggunakannya kembali.

Itulah cara membersihkan dan merawat sprei agar kualitasnya terjaga dan nyaman saat digunakan. Pastikan tempat penyimpanan anda bersih dan tidak lembab agar kualitas sprei anda terjaga. Di Aneka Textile ada banyak pilihan sprei berkualitas yang anda bisa pilih dan jangan lupa untuk merawatnya dengan baik. selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *